Ribuan Santri Miftahul Falah Cendono Ziarahi Makam Muassis Madrasah

Kudus, ayokudus.com - Ribuan santri Madrasah NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus bersama para kiai serta para asatidz berziarah ke makam para pendiri madrasah, Sabtu (20/1/2024). 

KH. Abdul Syakur dan KH. Ahmad Arwan memimpin ziarah dan do'a bersama di makam pendiri Madrasah NU Miftahul Falah Cendono, Sabtu (20/1/2024).


Mereka berjalan kaki dari madrasah menuju makam pendiri madrasah yang jaraknya tidak begitu jauh, sekitar 300 meter dari komplek madrasah.

Di makam muassis (pendiri) yang berada di belakang masjid Roudlotus Sholihin Cendono, para santri melaksanakan tahlilan dan do'a bersama. 

Dengan khusu' para santri putra mulai tingkatan Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah, dan kejuruan melantunkan bacaan tahlil dan do'a bersama.

Ikut serta mendampingi para santri dalam ziarah makam pendiri madrasah, KH. Abdul Syakur, KH. Ahmad Arwan, KH. Muhdi Ahmad, KH. Muslim, K. Abdullah Saad dan para masyayikh dan  kiai lainnya.

Moh Akhfas, salah satu kiai muda MA NU Miftahul Falah menyampaikan, kegiatan ziarah ini sangat penting untuk mengenalkan para santri dengan para pejuang pendidikan islam di wilayah Kudus utara. 

"Anak-anak perlu dikenalkan dengan para pendiri dan kiai Madrasah Miftahul Falah tempat mereka menimba ilmu," kata Akhfas. 

Dengan berziarah dan mendo'akan para leluhur madrasah, menurut alumni UIN Walisongo Semarang itu, diharapkan para santri mendapat restu dari pendiri madrasah dan memperoleh ilmu yang bermanfaat. 

"Itu bagian dari akhlaq santri kepada para masyayikh yang sudah meninggal. Dengan menziarahi dan mendo'akannya," jelasnya. 

Kegiatan ziarah pendiri madrasah menurut Abrori, sekretaris pengurus Madrasah Miftahul Falah dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi madrasah yang ke-81. 

Sebenarnya ada beberapa kegiatan yang menjadi rangkaian peringatan harlah madrasah yang terletak di Desa Cendono Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus ini. 

"Sebagai pembuka adalah ziarah ke makam muassis. Untuk seluruh santri laki-laki dan bapak-bapak guru. Sementara santri perempuan dan ibu-ibu guru melaksanakan tahlilan di madrasah," jelas Abrori. 

Kegiatan harlah madrasah dilanjutkan dengan khataman Al Qur'an yang diikuti seluruh guru dan pengurus madrasah. 

Dan sebagai penutup besok pagi seluruh keluarga besar Madrasah NU Miftahul Falah akan melakukan jalan sehat. 

"Diikuti oleh seluruh siswa-siswi semua tingkatan, bapak ibu guru, dan seluruh pengurus dan dewan mustasyar madrasah," tutur Abrori. 

Dengan adanya HUT madrasah ke-81 ini keluarga besar madrasah berharap Madrasah NU Miftahul Falah semakin dan berkah. (Nikon Sapawie)



 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url