Kabar Gembira, Jembatan Karangsambung Bae Kudus Segera Dibangun Kementerian PUPR

Kabar Gembira, Jembatan Karangsambung Bae Kudus Segera Dibangun Kementerian PUPR 

Jembatan Karangsambung Bae Kudus yang sangat panjang dan sempit. Masyarakat harus antri di ujung jembatan untuk gantian melewatinya. (foto dari RRI.co.id)

Ayokudus.com - Ada kabar gembira untuk warga Kudus terutama yang berdomisili di tiga kecamatan (Bae, Dawe, dan Gebog).

Pasalnya jembatan Karangsambung yang terletak di Desa Bae Kecamatan Bae akan segera dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Sebagaimana dilansir suaramerdeka-muria.com, PJ Bupati Kudus, Hasan Chabibie sudah ketemu dengan menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan menyampaikan keluhan warga terkait jembatan Karangsambung.

"Saya utarakan keluhan itu hasilnya dikatakan akan ditangani di tahun 2024 ini," kata PJ Bupati Kudus kepada awak media. 

Menurut Chabibie, assessmen terhadap kebutuhan dalam pembangunan pelebaran jembatan Karangsambung langsung dilakukan staff Kementerian PUPR saat itu juga.

Dari assessment tersebut diperkirakan pembangunan pelebaran jembatan yang dibangun zaman Belanda itu mencapai Rp. 80 miliar. 

PJ Bupati Kudus menyampaikan jembatan yang melintas di atas sungai Kaligelis itu akan dilebarkan menjadi tujuh meter dengan panjang mencapai 80 meter. 

Demi rakyat Kudus, pihaknya siap mengawal proyek pelebaran jembatan itu hingga benar-benar terlaksana di tahun 2024. 

"Saat ini PUPR telah melakukan finalisasi, perencanaan dan pengadaan di sana. Semoga tidak terlalu lama," ujarnya. 

Chabibie tidak mempersoalkan siapa nanti yang mengerjakan pembangunan jembatan sempit dan sangat panjang tersebut, yang penting rakyat Kudus dapat menikmatinya. 

Sebenarnya pengusulan pembangunan jembatan Karangsambung Bae itu sudah lama sekali diajukan ke pusat, yaitu pada tahun 2008. 

Warga Kudus memang sangat mengeluhkan jembatan Karangsambung yang sempit dan panjang. 

Harus hati-hati dan bersabar untuk melintasi jembatan yang menjadi akses menuju Kecamatan Gebog dan Nalumsari Jepara tersebut.

Jembatan dengan kerangka besi buatan Belanda itu memiliki panjang 80 meter dengan lebar 3 meter dan melintas di atas sungai dengan ketinggian sekitar 50 meter. 

Membutuhkan nyali untuk melewati jembatan kuno itu. Selain ketinggiannya yang curam, jembatan yang berada di atas sungai Kaligelis itu juga tidak muat untuk simpangan mobil. 

Untuk sepeda motor memang bisa simpangan. Akan tetapi jika berpapasan dengan mobil maka harus menunggu dan bergantian antara kendaraan yang dari arah barat dan timur. 

Dengan akan dibangunnya jembatan Karangsambung di tahun 2024 oleh Kementerian PUPR, tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat Kudus.

Redaksi



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url