Viral, Kemiri Dianggap Sama Dengan Hazelnut Bahan Permen Coklat

Viral, Kemiri Dianggap Sama Dengan Hazelnut Bahan Permen Coklat

Kita semua utamanya ibu-ibu tentu tidak asing dengan Kemiri, rempah untuk bumbu masakan. Sekarang lagi viral karena ada yang mengatakan kemiri sama dengan Hazelnut, bahan untuk membuat permen coklat.



Ceritanya berawal dari video Tik Tok yang diunggah oleh @rena.reksya yang kemudian menjadi viral dan menghebohkan dunia Twitter.

Awalnya Rena bertanya kepada Netizen, “Umur berapa kalian tahu kalau hazelnut itu ternyata adalah kemiri guys?”

Perempuan cantik itu mengatakan hazelnut adalah kemiri. Kata Rena bahasa Indonesia-nya hazelnut adalah kemiri.

“Hazelnut itu nama lainnya kemiri. Aku searching, hazelnut itu bahasa Indonesianya apa sih, ternyata adalah kemiri, guys. Ya, hazelnut itu kemiri,” kata Rena di Tik Tok, Jum’at (9/6/2023).

Rena menceritakan saat di Jepang ia suka makan cokelat yang bentuknya bulat dan di dalamnya ada kacangnya, kacang hazelnut yang lezat rasanya. Ia penasaran lalu searching dan hasilnya hazelnut bahasa Indonesianya adalah kemiri.

Ia juga mengatakan bahwa hazelnut yang dipadukan dengan coklat seperti yang dinikmatinya di Jepang dapat dibuat sendiri di rumah menggunkan kemiri.

Video Rena di Tik Tok itu kemudian menjadi ramai di Twitter. Banyak yang menolak pernyataan Rena itu karena hazelnut jelas berbeda dengan kemiri.

Lalu apa benar yang dikatakan Rena bahwa hazelnut sama dengan kemiri?

Benarkah kemiri yang banyak terdapat di daerah tropis seperti Indonesia ini sama dengan Hazelnut yang banyak ditemukan Eropa atau Jepang?

 

Faktanya: Ternyata Hazelnut Beda Dengan Kemiri

Setelah Ayokudus melakukan penelusuran dari berbagai sumber ternyata hazelnut berdeda dengan kemiri. Hazelnut dan kemiri adalah dua jenis kacang yang berbeda, baik dari segi penampilan maupun sifat nutrisinya.

Hazelnut berasal dari pohon Corylus avellana dan tumbuh di berbagai wilayah, termasuk Eropa, Amerika Utara, dan Asia.

Sedangkan kemiri adalah buah dari pohon Aleurites moluccana, yang berasal dari wilayah Pasifik dan Asia Tenggara. Pohon kemiri tumbuh di daerah tropis dan subtropics seperti Indonesia.

Dari sisi penampilan juga tidak sama. Kemiri memiliki kulit yang keras dan berwarna cokelat tua. Di dalamnya terdapat biji berwarna putih dengan lekukan yang dalam.

Hazelnut memiliki cangkang yang keras, yang biasanya berwarna cokelat gelap dan memiliki bentuk yang lebih bulat. Di dalam cangkang tersebut terdapat biji yang berwarna cokelat terang.

Bagaimana dengan rasanya? Hazelnut memiliki rasa gurih dan manis. Sedangkan kemiri memiliki rasa yang kaya dan sedikit pahit.

Hazelnut sering digunakan dalam berbagai hidangan, seperti makanan penutup, cokelat, pasta hazelnut, dan bahan tambahan untuk kopi atau minuman khusus.

Sedangkan kemiri digunakan sebagai bumbu masakan atau bahan pembuatan minyak kemiri. Minyak kemiri sering digunakan dalam hidangan tradisional di beberapa daerah.

Meskipun hazelnut dan kemiri keduanya mengandung lemak, protein, serat, vitamin, dan mineral, komposisi nutrisi mereka dapat sedikit berbeda.

Misalnya, hazelnut kaya akan vitamin E, sedangkan kemiri tidak sebanyak itu. Kemiri cenderung lebih tinggi kandungan lemaknya daripada hazelnut.

Salah satu perbedaan penting antara hazelnut dan kemiri adalah adanya zat toksik yang terdapat pada kemiri, yaitu saponin. 

Saponin dapat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Oleh karena itu, kemiri harus diolah sebelum dikonsumsi agar menghilangkan zat ini.

Hazelnut, tidak mengandung saponin dan umumnya dianggap aman untuk dikonsumsi tanpa perlakuan khusus.

Meskipun kemiri dan hazelnut memiliki perbedaan, keduanya dapat memberikan manfaat nutrisi yang baik jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan sesuai dengan kebutuhan individu.

 

Kesimpulan

Hazelnut ternyata tidak sama dengan kemiri. Baik penampilan, rasar dan kandungan nutrisinya berbeda. Apa yang disampaikan Rena dana video Tik Toknya yang mengatakan hazelnut sama dengan kemiri tidak terbutki. Faktanya memang beda.   

 

  

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url