Syekh Ali Jabir: Lakukan 4 Amalan Ini, Rezeki Akan Mendatangimu

Syekh Ali Jabir: Lakukan 4 Amalan Ini, Rezeki  Akan Mendatangimu

AYOKUDUS.COM – Umat Islam tidak perlu bersedih hanya karena persolan rezeki. Kata Syekh Ali Jaber kalau kita mau melakukan 4 amalan maka rezeki akan mendatangimu.


Allah yang memberi rezeki kepada seluruh mahluk. Allah maha pemberi rezeki, maha mulia, dan maha pemurah. Dalam Islam, rezeki  merujuk pada segala bentuk keberkahan dan rezeki yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya. 

Rezeki  mencakup semua bentuk nikmat, termasuk rezeki materi, kesehatan, kebijaksanaan, keturunan, pengetahuan, kekuatan, dan sebagainya. Konsep rezeki dalam Islam didasarkan pada keyakinan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini berasal dari Allah dan bahwa Dia adalah sumber segala rezeki.

Lalu apa 4 amalan yang bisa membuat rezeki datang kepada kita? Syekh Ali Jaber menjelaskan bahwa rezeki yang akan datang pada kita. Bukan sebaliknya kita yang mengejar rezeki.

“4 hal mendatangkan rezeki kemari,” kata Syekh Ali Jaber. Menurutnya rezeki yang mendatangi kita. Bukan memberikan kemudahan untuk mendapatkan rezeki. Tapi rezeki akan datang kepada kita. Di manapun posisi kita rezeki pasti datang kalau kita melakukan 4 amalan ini.


1.         Qiyamul lail

Amalan pertama yang membuat rezeki mendatangimu adalah qiyamul lail. Secara harfiyah qiyamul lail berarti berdiri di malam hari. Artinya melakukan shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur sejenak setelah Isya' hingga menjelang waktu Subuh.

Qiyamul lail sering kita kenal sebagai Tahajjud atau Shalat Malam. Ini adalah ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama bagi mereka yang ingin mendekatkan diri kepada Allah, memperbaiki hubungan spiritual, dan memperoleh keberkahan dan ampunan-Nya.

Meskipun Qiyamul lail adalah ibadah sunnah, melaksanakannya secara teratur dapat memberikan banyak manfaat spiritual. Shalat malam ini dapat memperkuat hubungan dengan Allah, meningkatkan keimanan, mendatangkan keberkahan, dan membantu mengendalikan hawa nafsu.

Namun, pelaksanaannya harus dilakukan dengan niat yang ikhlas dan tekun, dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan kualitas ibadah. Dan menurut Syekh Ali Jaber dengan amalan Qiyamul Lail maka rezeki akan mendatangimu.  

 

2.         Perbanyak Istigfar di Waktu Sahur

Kedua, memperbanyak istigfar di waktu sahur. Kira-kira 30 menit sebelum adzan subuh. Istighfar merupakan amalan dengan memohon ampunan Allah atas dosa-dosa yang telah dilakukan. 

Dalam Islam, istighfar sangat dianjurkan dan dapat dilakukan kapan saja, termasuk di waktu sahur.

Waktu sahur, yaitu sebelum terbit fajar dan memulai puasa, merupakan saat yang tepat untuk beristighfar. Dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang memohon ampunan kepada Allah di waktu sahur, maka Allah akan mengampuni dosanya" (Ibnu Majah).

Istighfar dapat dilakukan dengan mengucapkan kalimat-kalimat istighfar, seperti "Astaghfirullah" (Aku memohon ampunan kepada Allah), "Allahumma inni as-aluka al-'afwa wal-'afiyah fi al-dunya wal-akhirah" (Ya Allah, aku memohon ampunan dan keselamatan di dunia dan akhirat), atau dengan kata-kata lain yang menunjukkan permohonan ampunan dan kerendahan hati di hadapan Allah.

Menurut Syekh Ali Jaber akan lebih bagus kalau kita beristigfar dengan membaca “Sayyidul Istigfar”.

Sayyidul Istighfar (سَيِّدُ الْاِسْتِغْفَارِ) secara harfiah berarti "Pemimpin Istighfar". Ini adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada doa istighfar yang dianggap sebagai doa istighfar terbaik dan paling mulia dalam Islam. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya.

Berikut adalah teks dari Sayyidul Istighfar:

 


"Allahumma anta Rabbi, la ilaha illa anta, Khalaqtani wa ana 'abduka, wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastata'tu, A'udhu bika min sharri ma sana'tu, abu'u laka bini'matika 'alayya, wa Abu'u laka bidhanbi faghfirli, fa innahu la yaghfiru adh-dhunuba illa anta."

Artinya:

"Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada tuhan selain Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, aku berada dalam perjanjian dan janji-Mu sejauh yang aku mampu, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang aku perbuat. Aku mengakui segala nikmat-Mu atasku dan aku mengakui dosaku, maka ampunilah aku, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau."

Doa Sayyidul Istighfar ini sangat dianjurkan dalam Islam karena mencakup pengakuan ke-Esaan Allah, pengakuan kelemahan manusia sebagai hamba Allah, permohonan ampunan, dan pengakuan terhadap nikmat dan dosa-dosa pribadi.

Dalam hadis, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa siapa pun yang membaca doa ini dengan penuh keyakinan dan kesungguhan, Allah akan mengampuni dosa-dosanya.

Sebagai doa istighfar yang paling mulia, Sayyidul Istighfar dapat dibaca kapan saja, baik dalam shalat maupun di luar shalat, untuk memohon ampunan dan mendekatkan diri kepada Allah.

Dianjurkan untuk memahami artinya dan membacanya dengan hati yang khidmat dan penuh penyesalan atas dosa-dosa yang dilakukan.

Dan menurut Syekh Ali Jaber amalan memperbanyak istigfar terutama Sayyidul Istigfar di waktu sahur maka  rezeki akan mendatangimu. 

 

3.         Perbanyak Sedekah

Amalan ketiga yang membuat rezeki mendatangimu adalah perbanyak sedekah. Menurut syekh Ali Jaber rahasia sedekah adalah istiqomah bersedekah. Bersedekah tidak diukur dari besar kecilnya nominal. Namun rahasia sedekah adalah memperbanyak sedekah dalam arti istiqomah bersedekah.

“Tiap ada kesempatan kita bersedekah,” kata Syekh Ali Jaber.  Itu namanya taawun sedekah. Sebuah perjanjian antara diri kita dengan sedekah. Jangan nunggu bulan tertetu, hari tertentu, malam tertentu baru shodaqah.

Setiap kita merasa ada berita berita baik atau berita buruk yang menyakiti kita, rumah tangga kita, anak-anak kita, istri atau suami kita, maka langsunglah bersedekah.

Di situlah rahasianya. Seolah olah kita sudah berada dalam ikatan perjanjian dengan sedekah. Dalam segala hal senang maupun susah. Dalam sehat maupun sakit. Bahagia ataupun saat sedih. Dalam kondisi sempit maupun lapang. Kita selalu bersedekah. 

Itulah amalan yang membuat rezeki mendatangi kita. Bukan kita yang mendatangi rezeki. Apalagi sampai mengejar-ngejar rezeki.  

 

4.         Berdzikir Pagi dan Sore Hari

Berdzikir di pagi dan sore hari adalah amalan yang dianjurkan dalam Islam dan dapat membawa berbagai keberkahan, termasuk dalam hal rezeki. Dzikir merupakan cara untuk mengingat Allah, memperkuat hubungan spiritual, dan membawa ketenangan kepada hati.

Membaca Al-Qur'an pada pagi dan sore hari juga dapat membawa berkah dan keberkahan, termasuk dalam hal rezeki. Usahakan untuk meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur'an setiap harinya, baik pada pagi atau sore hari.

Menurut Syekh Ali Jaber , saat kita berdiri lama walaupun baca satu ayat diulangi berkali-kali itu tidak menjadi masalah. Misalnya membaca surat Al Fatihah atau surat Al Ihlash. “Baca qulhu tiga kali itu pahalanya seperti baca Al Qur’an hatam satu kali,” kata Ali Jaber.

Kita jangan bosan untuk berdzikir kepada Allah. Kalau kita bosan membaca Al Quran atau berdzikir. Maka Allah tidak bosan-bosan mendegar bisikan, bacaan dan doa serta munajat kita.


Kesimpulan

Itulah 4 amalan menurut Syekh Ali Jaber yang membuat rezeki  mmndatangimu. Pertama qiyamul lail, kedua perbanyak istigfar di waktu sahur, ketiga perbanyak sedekah, dan keempat dzikir di pagi dan sore hari.  Walapun begitu sebagai hamba kita berkewajiban untuk berusaha dan bekerja. Penting juga untuk berusaha dengan sungguh-sungguh, bekerja keras, dan menjalankan kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan oleh agama dan masyarakat. Dengan begitu kita bisa bahagia di dunia dan akhirat.



Sumber : Youtube Muslim - saluran dakwah 15 April 2020 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url